FASAL 3
Dan
wajib bagi kamu wahai saudaraku untuk selalu bermuroqobah kepada Allah
Ta’ala dalam segala gerak dan diammu dan pada setiap kedipan matamu dan pada
setiap kehendakmu dan gurisan hatimu dan dalam segala Keadaanmu dan kesadaranmu
akan kedekatanNya kapadamu dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Dia selalu melihat
dirimu dan mengetahui segala ihwalmu dan tidak ada yang tersembunyi bagiNya
segala sesuatu yang ada pada dirimu meskipun hanya sebesar zarrah baik itu di
bumi maupun di langit . dan jikalaupun engkau mengeraskan suaramu ataupun
melembutkannya maka sesungguhnya Dia Maha mengetahui segala sesuatu yang sangat
samar dan tersembunyi. Dan Dia selalu bersamamu di mana saja kamu berada dengan
ilmuNya dan peliputanNya Jika engkau termasuk orang yang bagus, maka malulah
kepada Tuhanmu dengan sebenar-benarnya malu dan bersungguh-sungguhlah agar Ia
tidak meluhatmu pada tempat yang sekiranya Dia melarangmu, Dan berusahalah
selalu Ia mendapatimu ketika Ia memerintahkan sesuatu kepadamu. Dan sembahlah
Ia seakan-akan engkau melihatNya dan manakala engkau jumpai dirimu merasa malas
mengerjakan ketaatan kepadaNya atau condong kepada bermaksiyat kepadaNya maka
ingatlah bahwa sesungguhnya Allah mendengarmu dan melihatmu dan mengetahui
rahasiamu dan ketersembunyianmu. Apabila hal yang demukian belum berhasil
membangkitkan semangatmu untuk ta’at kepadaNya disebabkan karena sedikitnya ma’rifatmu
kepadaNya akan kebesaran Allah, maka ingatlah akan adanya dua malaikat yang
sangat mulia yang keduanya mencatat kebaikan dan keburukan amal. Apabila yang
demikian itu masih belum memberikan efek, maka langkah selanjutnya adalah
ingatlah akan dekatnya maut atau kematian dimana maut
adalah sesuatu yang paling dekat diantara yang terdekat yang selalu menanti
dirimu dan takutlah akan hal yang demikian. Apabila pentakutan yang demikian
ini belum juga berhasil menggerakkan dirimu untuk ta’at kepada Allah maka
peringatkanlah dirimu dengan janji-janji Allah yang akan diberikan kepada orang
yang ta’at kepadaNya dari beberapa pahala yang sangat besar dan ingatlah juga
akan janjiNya yang disediakan bagi orang-orang yang durhaka kepadaNya dari
beberapa azab yang sangat menyaktkan dan katakanlah kepada dia (nafsumu) wahai
nafsu, tidak ada sesuatu setelah kehidupan dunia kecuali surga atau neraka., maka
pilihlah untuk dirimu sendiri jika engkau menginginkan ta’at maka akibatnya
adalah keselamatan dan keridhoan dari Allah dan abadi dalam kenikmatan surga
dan memandang kepada wajah Tuhanmu yang maha Mulia. Dan jika engkau
menginginkan yang lain maka bermaksiyatlah kepada Allah maka akhir yang akan
engkau dapatkan adalah kehinaan dan kemarahan dari Tuhanmu dan tinggal abadi di
dalam neraka. Jika yang demikian ini telah engkau lakukan maka akan hilanglah
keinginan nafsumu untuk berdiam diri tidak melakukan ta’at kepada Tuhannya.
Maka sesungguhnya yang demikian ini merupakan obat yang sangat bermanfaat bagi
hati yang mengalami sakit . selanjutnya jika hatimu telah sadar bahwa Allah
Ta’ala selalu melihatmu maka hatimu akan merasa malu untuk berlawanan dengan kehendaknya
dan hatimu akan membimbngmu untuk ta’at kepadaNya dan yang demikian ini hatimu
telah mulai bermuroqobah kepadaNya.
Dan
ketehuilah sesungguhnya muroqobah adalah termasuk mqoomat/kedudukan
yang sangat mulia dan termasuk kedudukan yang tinggi dan setinggi-tingginya
derajat dan dia/muroqobah adalah maqom ihsan dimana RasuluLlah
SAW telah memberi isyarat dalam sabdanya bahwa Al-ihsan adalah apabila
engkau menyembahNya seakan-akan engkau melihatNya. Dan apabila engkau tidak
dapat melihatNya maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Ia melihatmu. Dan
setiap hamba yang beriman akan yakin dan percaya bahwa bagi Allah tidak ada
sesuatupun yang tersembunyi baik di langit maupun yang di bumi dan mereka
mengetahui bahwa Allah selalu menyertainya di mana saja, dan tidak ada yang
tersembunyi bagi Allah dari segala gerak dan diamnya seorang hamba. Akan tetapi
buah yang sedemikian ini akan dapat diperoleh dengan jalan mula-mula ia tidak
melakukan amal perbuatan antara ia dengan Allah yang menyebabkan ia malu
apabila amal ada orang saleh melihat apa yang ia lakukan tersebut . dan yang
sedemikian ini adalah perbuatan yang mulia, dan dibalik semuanya adalah lebih
mulia lagi, saampai seorang hamba hingga pada akhir umurnya tenggelam ke dalah HadratuLlah
Ta’ala dan dia hilang/fana dari yang selain Allah. Dan sungguh baginya
telah hilang pandangannya akan semua makhluk dikarenakan terpananya
pandangannya kepada kebesaran Allah yang Maha Haq. Dan ia telah benar
keyakinannya dihadapan Sang Raja yang maha kuasa. Dan wajib untukmu wahai
saudaraku untuk selalu memperbaiki daen memperbagus bathiniahmu agar lebih baik
daripada lahiriahmu. Yang demikian itu dikarenakan bahwa yang bathiniah adalah
tempat Allah melihat seorang hamba sedangkan lahiriah adalah tempat yang
dilihat makhluk. . dan apa yang dijelaskan Allah di dalam kitabnya yang mulia /
Al-Qr’an tentang masalah lahir dan bathin, maka Allah lebih mula menyebutkan
kata bathin daripada lahir –berarti bathin lebih utama- sebagaimana do’a
RasuluLlah SAW Yaa Allah jadikanlah bathiniahku lebih baik dari lahiriahku,
dan jadikanlah lahiriahku dalam keadaan bagus. Dan manakala bagus
bathiniah, maka akan bagus jugalah keadaan lahiriah tidak boleh tidak. Karena
sesungguhnya yang lahir selamanya mengikuti yang bathin dalam hal baik dan
buruknya. RasuluLlah SAW telah bersabda sesungguhnya di dalam jasad ada
segumpal darah, apabila ia baik maka baiklah seluruh jasad, dan apabila ia
buruk maka akan buruklah seluruh jasad. Ketauhilah sesungguhnya dia adalah
hati. Dan ketahuilah apabila ada seseorang yang mengaku
/mendakwakan bahwa kondisi bathinnya telah bagus akan tetapi lahiriahnya rusak
dengan meninggalkan ketaatan kepada Allah, maka apa yang ia dakwakan tersebut
adalah bohong belaka. Dan barang siapa yang bersungguh-sungguh
memperbaiki/membeguskan lahiriahnya dengan mempercantik penampilannya,
pembicaraannya, demikian juga mempercantik gerak geriknya , dan cara duduknya ,
dan cara berdirinya, dan cara ia berjalan, akan tetapi ia membiarkan
bathiniahnya dalam keadaan yang buruk dengan akhlak yang buruk pula serta
dengan tabiat yang kotor, maka ketahuilah bahwa ia termasuk min ahlil
Tashonnu’ /orang yang suka di buat-buat dalam hal tingkah lakunya,dan
termasuk orang yang riya’ dan orang yang termasuk berpaling dari Tuhannya. Maka
takutlah wahai saudaraku jika engnkau menutupi / menyembunyikan sesuatu apabila
orang banyak mengetahuinya niscaya engkau akan malu. Sebagian orang arifiin
berkata Seorang Sufi belum termasuk golongan para Sufi hingga
seandainya seluruh isi hatinya ditaruh dalam sebuah nampan dan di perlihatkan
di tengah pasar maka ia tidaklah malu jika semua orang melihat isinya. Jika
engkau tidak mampu membuat bathinmu lebih baik daripada lahiriahmu, maka
usahakan agar keduanya sama antara lahir dan bathinnya , maka apa yang engkau
lakukan dalam hal melaksanakan perintahNya dan menjauhi larangannNya dan dalam
mengagungkanNya, dan usahamu mencari keridhoanNya , semua itu dalam keadaan
sama (antara lahir dan bathinnya). Dan apa yang disampaikan ini adalah langkah
awal bagi orang yang melangkah jalan ma’rifat yang khos maka
ketahuilah yang demikian itu semoga Allah selalu memberi taufik.
Stainless steel stainless steel oxide - Titanium Wire Solutions
BalasHapusStainless steel stainless titanium nail steel oxide, a type of solid barium thunder titanium lights oxide material used in welding. The Stainless Steel pure titanium earrings edge titanium plate flat iron is exposed to a series of titanium dive watch sharp